10 Kasus Youtuber Kontroversial di Indonesia

10 Kasus Youtuber Kontroversial di Indonesia

NIKEKUKO.com - Pada tau Youtube kan? Sebuah web yang berisi miliaran video, mulai dari video yang serius, kocak, unik sampai yang aneh-aneh. Orang-orang yang rutin mengunggah video di akun youtubenya dan memiliki subscribers yang banyak, biasanya disebut Youtuber. Nah, berikut 10 youtuber Indonesia yang paling kontroversial. Yuk disimak!


1. Anji

Percakapan Anji dengan Hadi Pranoto, ternyata menuai perdebatan dan kontroversi di kalangan netizen. Video yang diunggahnya di Youtube, mengandung banyak informasi yang keliru.

Beberapa pernyataan yang muncul, yaitu titik leleh baja dan obat COVID-19. Hadi mengatakan, bahwa titik leleh baja berada pada temperatur 350 derajat Celcius.

Sedangkan menurut The Engineering ToolBox, baja karbon meleleh pada suhu 1.425-1540 derajat Celcius. Lalu, baja stainless meleleh pada suhu 1.510 derajat Celcius.

Tidak hanya itu, video tersebut juga dilaporkan ke Polda Metro Jaya, mengenai klaim Hadi yang menemukan obat COVID-19. Keduanya dilaporkan, atas tuduhan menyebarkan berita bohong, dalam Laporan Polisi (LP) bernomor LP/4538/VIII/YAN.2.5/2020/SPKT PMJ. tanggal 3 Agustus 2020.

Sehingga, YouTube mengambil tindakan tegas dengan menghapusnya, karena dinilai tidak benar dan bisa menyesatkan.


2. Turah Parthayana

Siapa yang menyangka, seorang YouTuber populer dan dikenal sebagai sosok menginspirasi, Turah Parthayana, diduga melakukan tindak pelecehan seksual.

Semua berawal dari thread di Twitter, yang dibuat oleh akun Libur panjang @sandi_sa119. Ia menceritakan bagaimana hal tidak terpuji tersebut dilakukan oleh Turah.

"Kronologi 1: Awal si @Turahpartayana, ngajak si korban nonton. Udah mulai grepek2. Note: Korban dan si pelaku itu satu dorm," tulisnya dalam salah satu kicaunya.

Sementara itu, manajernya telah memberikan klarifikasi. Menurutnya, apa yang dilakukan oleh artisnya, merupakan kesalahan fatal, karena menerima tuduhan yang diarahkan kepadanya, bahwa Turah melakukan pelecehan.

Turah Parthayana sendiri, merupakan seorang konten kreator di YouTube yang memiliki 1,45 juta subscriber. Followers di Instagram pun cukup banyak mencapai 460 ribu followers.

3. The Connell Twins

The Connell Twins adalah saudara kembar berdarah campuran, Indonesia - Australia. Cuplikan video The Conell Twins, Carly dan Christy Conell salah sebut incest menjadi insect sempat viral di medsos.

Apalagi sebelumnya beredar video yang diduga keduanya melakukan adegan inses untuk dijual di sebuah situs penjualan foto dan video seksi. Dalam video tersebut diduga The Conell Twins melakukan hal-hal yang disebut netizen tidak pantas. Ditambah keputusannya untuk menjual foto dan video seksi di platform OnlyFans.

The Connell Twins mengaku, mendapatkan banyak keuntungan dengan menjual di situs tersebut. Bahkan gadis kembar ini, mendapatkan banyak uang dan bisa membeli sebuah apartemen di Australia.
 

4.  Jozeph Paul Zhang 

 
Jozeph Paul Zhang, dinyatakan sebagai tersangka, setelah pernyataan kontroversialnya di sebuah forum diskusi online di Zoom bertajuk 'Puasa Lalim Islam'.

Video tersebut juga ditayangkan ke YouTube pribadinya, dengan menyinggung umat Islam yang puasa, akan tetapi, dirinya yang merasa lapar.

"Jadi, kalau kita lihat, sekarang di Indo kan pada lagi puasa ya. Kalau di Eropa juga lagi pada... bukan lagi pada puasa, lagi duniawi nggak puasa. Sebab temen-temen muslim di Eropa ini tahun pertama puasa, takut sama Allah. Tahun kedua puasanya separo, nyoba Allah lihat apa nggak. Tahun 3 bablas nggak yang puasa, Allah nggak lihat. Loh kenapa? Kan Allah Maha tahu. Nggak, Allah lagi dikurung di Ka'bah," katanya sambil tertawa.

Jozeph juga mengatakan, bahwa dirinya merupakan nabi ke-26 dan menantang bagi siapapun, untuk melaporkannya ke polisi.

"Yang bisa laporin gua ke polisi gua kasih uang yang bisa laporin gua ke polisi penistaan agama, nih gua nih nabi ke-26, Jozeph Paul Zhang. Meluruskan kesesatan ajaran nabi ke-25 dan kecabulannya yang maha cabulullah," sambungnya.

Sementara itu, ia belum ditangkap hingga saat ini. Kabar terbaru dari pelapor, atas nama Husin Shahab, Jozeph yang awalnya berada di Jerman kini telah pindah ke Belanda.

Ia mengatakan hal tersebut menjadi kendala, karena Belanda tidak memiliki hukum soal ujaran kebencian atau penghinaan agama seperti di Indonesia.

Kabareskrim Polri Komjen Agus Andrianto pun, mengungkapkan kabar terbaru dari pengejaran Jozeph.

Agus mengatakan penerbitan red notice terhadap Jozeph tak kunjung terbit hingga saat ini, Menurutnya, NCB Interpol tidak merespons hal tersebut.

Pihaknya menyebutkan terkendala sesuatu. Di mana tersangka menetap di negara yang bukan yuridiksi Polri, yaitu antara Jerman dan Belanda.

5. Muhammad Kece


Selanjutnya yang terbaru, yakni Muhammad Kece yang juga menjadi tersangka, karena ucapannya dinilai telah menistakan agama Islam. Salah satu yang kontroversial, mengenai kitab kuning yang diajarkan di pondok pesantren menyesatkan dan menimbulkan paham radikal.

Ia juga mengganti ucapan salam umat Islam, di mana kata Allah diganti menjadi Yesus.

"Assalamualaikum, warrahmatuyesus wabarakatuh," ucap Kece, dalam video di channel YouTube-nya.

Tidak sampai di situ saja, Kece menyampaikan bahwa ajaran-ajaran Islam dan Nabi Muhammad SAW tidak benar dan harus ditinggalkan. Ia menambahkan, Muhammad dekat, dikerumuni jin dan tidak ada ayat yang menyampaikan Muhammad dekat dengan Allah.

Pengurus Lembaga Dakwah PBNU yang juga Wakil Sekretaris Komisi Fatwa MUI Abdul Muiz Ali, mengatakan sangat mengutuk perkataan Muhammad Kece dan orang-orang yang terlibat.

Setelah semua bukti terkumpul, di mana Polri bekerja sama dengan Kominfo, mengubah kasusnya dari penyelidikan menjadi penyidikan.

Dengan Laporan Polisi (LP) bernomor LP/B/500/VIII/2021/SPKT/BARESKRIMPOLRI, Muhammad Kece ditangkap di Bali oleh Bareskrim Polri. 

 

6. Laurentius Rando

Laurentius Rando merupakan salah satu youtuber Indonesia dengan konten yang didominasi oleh vlog, beatbox, dan game. Pada mulanya Rando, yang merupakan founder beatboxnesia, menjadi sorotan publik di dunia internet karena konfliknya dengan indobeatbox. Dalam sebuah videonya, ia menjelaskan bahwa indobeatbox tidak memberikan kesempatan bagi dirinya untuk berkembang sehingga ia pun keluar dan membentuk beatboxnesia. Hal ini kemudian dibantah oleh pihak indobeatbox dan mereka menyebut Rando sebagai pembohong. Kontroversi lain yang juga dilakukan Rando ialah kasus #SalahBeli, dimana dia menjual barang pemberian dari fansnya. Saking hebohnya kasus Rando pada waktu itu, Raditya Dika sampai memutuskan kontrak filmnya dengan Rando.
 

7. Kaesang Pangarep

Siapa yang tidak heboh ketika anak bungsu presiden Republik Indonesia membuat akun youtube dan memposting video-video tentang kesehariannya. Semua orang ingin tahu bagaimana kehidupan anak kandung seorang RI1.

Namun beberapa waktu yang lalu Kaesang dituding menyebarkan ujaran kebencian dan melakukan penodaan agama melalui video berjudul “#BapakMintaProyek” yang diunggahnya ke akun Youtube. Meski kasus Kaesang ini tidak ditindaklanjuti karena dijelaskan oleh Polri bahwa laporannya mengada-ada, tapi tetap saja netizen sempat dihebohkan oleh berita ini.

8. Karin Novilda / Awkarin


Ada beberapa hal yang bisa membuat Awkarin dicap youtuber kontroversial. Pertama, hampir sebagian besar konten youtubenya terdapat kata-kata kasar dan sumpah serapah. Gak hanya itu, tindak tanduk Awkarin dalam setiap vlognya pun terbilang cukup “berani”, seperti berciuman dengan kekasihnya serta menggunakan pakaian-pakaian yang cukup vulgar.

Aksi kontroversial Karin ini pun membuatnya kerap dikecam publik hingga mengundang perhatian Komisi Perlindungan Anak Indonesia (KPAI). KPAI bersama dengan Kementerian Komunikasi dan Informasi (Kemenkominfo) memutuskan untuk memanggil Karin pada Kamis September 2016 kemarin. Dalam pertemuan tersebut, KPAI, Kemenkominfo, dan Awkarin mendiskusikan beberapa hal terkait konten-konten media sosial Awkarin yang dianggap meresahkan. KPAI berusaha memberikan pengertian kepada Awkarin mengenai dampak konten-konten tersebut. Untungnya, Awkarin memahami dan berjanji akan mencoba mengunggah konten-konten positif untuk selanjutnya.
 

9. Kemal Palevi

Kemal Palevi merupakan seorang stand-up comedian yang kemudian sering mengunggah video-video lucu melalui akun youtubenya. Tahun lalu, dalam sebuah video yang ia unggah di akunnya, ia mencoba membuat tayangan ‘prank‘ yang akhirnya dinilai negatif oleh netizen. Dalam video berjudul “Part 6 – Nanya Ukuran BH”, Kemal menanyakan ukuran bra ke beberapa wanita, salah satunya adalah anak berumur 14 tahun, di sebuah pusat perbelanjaan. Dalam video tersebut ia mengaku sebagai mahasiswa kedokteran yang sedang mengadakan skripsi mengenai anatomi tubuh. Bukannya pujian yang ia dapat, malah hujatan dari penonton sehingga ia pun menghapus video tersebut dari akun youtubenya.  Dan akhirnya, Kemal Palevi meminta maaf melalui akun Twitter.
 

10. Reza “Arab” Oktovian

Reza Oktovian, yang sering disapa Arab, merupakan seorang youtuber yang sering membahas tentang game. Reza tercatat bergabung di Youtube sejak 1 November 2012 dan sampai saat ini memiliki 1.397.786 subscribers. Tapi kiprah Reza Arab tidak selalu lancar tanpa masalah. Reza Oktovian diketahui sering menggunakan kata-kata yang kurang sopan di channel miliknya. Padahal viewers dan subscribers Reza banyak yang masih anak-anak.

Hal ini kemudian mendorong seorang pemuda asal Medan bernama Daniel Lim untuk membuat sebuah petisi untuk Reza Oktovian di situs Change.org yang bertajuk “Tingkatkan Kualitas Bahasa Anda”. Petisi ini merupakan bentuk kritik secara terbuka atas kurang baiknya bahasa yang Reza gunakan. Petisi ini dibanjiri komentar, baik dukungan sekaligus kritik tajam terhadap Reza.

Meski petisi ini sudah ditutup dengan 5.029 pendukung petisi dan masih kurang 2.471, petisi ini bisa jadi pelajaran bagi Reza Oktovian serta youtuber lainnya agar lebih berhati-hati dan bertanggung-jawab sebagai seorang Youtuber. Apalagi mengingat jumlah subscriber channel-nya yang tidak sedikit dan ditambah lagi fakta bahwa kini internet bisa dengan mudah diakses oleh siapapun, termasuk anak-anak di bawah umur.