Knowledge Management

knowledge manajement
Ilustrasi: Knowladge Manajemen


MEMASUKI ERA INFORMASI DAN PENGETAHUAN


Dewasa ini kita hidup dan era informasi atau era pengetahuan dengan tata kehidupannya yang jauh berbeda dibandingkan dengan tata kehidupan pada era industri dan lebih-lebih dengan era pertanian. Perubahan pada era informasi ini membawa berbagai macam implikasi bagi masyarakat dalam menjalani kehidupannya baik kehidupan sosial, ekonomi, pendidikan dan aspek kehidupan lainnya. Dalam kehidupan sosial, banyak hal yang sebelumnya dianggap tidak mungkin sekarang menjadi serba mungkin. Yang contoh, frase "Makan tidak makan yang penting kumpul" yang populer pada masyarakat sudah dianggap kadaluawarsa pada era informasi. Tinggal di tempat yang saling berdekatan atau daalm satu kota sudah bukan keharusan. Mereka boleh tinggal dimana-mana bergantung dimana mereka mencari kehidupan, jika mereka ingin bertemu, boleh jadi pertemuan melalui SMS, telpon, video call atau media komunikasi lainnya yang lebih  praktis. Masyarakat mulai berpandangan bahwa pertemuan secara fisik atau waktu-waktu sebelumnya, pertemuan seperti ini bahkan sering dianggap pemborosan dan menyulitkan banyak pihak, mereka lebih mementingkan kualitas pertemuan tersebut bukan frekuensinya.


ilustrasi knowladge manajemen


Dalam kehidupan ekonomi, pola kegiatan bisnis juga mengalami banyak perubahan. Model bisnis telah berubah dari bisnis konvensional (brick-and-business) beralih menuju bisnis berbasis informasi (click-and-mortar-bisiness) atau sering disebut e-business atau i-business. Sebelumnya utuk mengirim uang ke sanak keluarga yang jaraknya ribuan kilometer kita harus menggunakan bantuan kurir yang penuh risiko atau paling tidak menggunakan jasa pos yang membutuhkan waktu beberapa hari. Sekarang prosesnya jauh lebih mudah dan lebih cepat, dan bahkan bisa dilakukan sambil tiduran di rumah. Dengan bantuan teknologi informasi sekarang kita tinggal "klik" dan uang sudah terkirim, hanya dalam hitungan detik si penerima bisa memanfaatkan uang tersebut. Demikian juga dalam hal pendidikan, khususnya di negara-negara maju, sudah mulai diperkenalkan distance learning dimanan peserta didik tidak lagi perlu datang ke kampus sekedar untuk mendengarkan dosen memberi kuliah yang terkadang malah membosankan, sekarang mahasiswa cukup tinggal di rumah sambil menjalankan kegiatan lain seperti biasanya dan pada saat bersamaan mereka bisa mengikuti kuliah melalui internet.


ilustrasi knowladge manajemen


Walhasil, pada era informasi dan pengetahuan ini kehidupan begitu cepat, praktis, pragmatis dan serba seketika  dan instant. Tidak pelak semuanya ini menyebabkan masyarakat berprilaku serba instant, bayi-yang lahir pada era ini tidak lagi disebut generasi "baby boomer" atau "generasi X" tetapi "Generation-I" karena sejak lahir atau bahkan sebelum lahir sudah terekspos dengan internet dan informasi, Generasi ini sudah tidak mengenal lagi istilah kirim kartu lebaran untuk mengucapkan selamat Idul Fitri. Mereka lebih memilih kirim ucapan melalui SMS, WA  yang jauh lebih praktis dan lebih murah dan mudah. Akibatnya fungsi Kantor Pos pun mulai berubah. Memang urusan kirim surat masih menjadi bisnis inti Kantor Pos tetapi pendapatannya banyak ditopan oleh aktivitas bisnis lain yang berbasis internet. Kondisi semacam ini tidak hanya dialami oleh Kantor Pos tetapi juga kegiatan bisnis lainnya. Surat kabar misalnya sudah bukan lagi menjadi bagian hidup Generasi I, mereka lebih memilih membuka internet dan memilih berita yang mereka sukai.


Gambaran di atas memberi penegasan terhadap sebutan abad 21 sebagai era informasi dan masyarakat pengetahuan (knowladge society) karena pad era ini hampir semua kehidupan beralih menuju informastion atau knowledge based. Dengan demikian informasi dan pengetahuan memiliki peran penting dalam tata kehidupan manusia


Sekian semoga bermanfaat,. terima kasih (dikutip dari berbagai sumber)