Mengapa Kepemimpinan Diperlukan ?

mengapa kepemimpinan diperlukan
ilustrasi: mengapa kepemimpina diperlukan ?


Berkaitan dengan kehidupan sebuah organisasi, pertanyaan dasarnya dalah mengapa kepemimpinan masih diperlukan padahal organisasi itu sendiri telah tertata dengan baik- telah memiliki struktur organisasi yang menjelaskan siapa harus melakukan apa, memiliki tujuan yang harus dicapai yang telah dinyatakan secara jelas dan memiliki momentum untuk menjalankan itu semua. Mengapa orang-orang yang bekerja di dalam organisasi dengan aturan yang jelas dan dengan wewenang dan tanggung jawab yang jelas masih harus dipengaruhi di luar arahan rutin yang bersifat formal dan ketentuan-ketentuan formal lainya? Untuk menjawab pertanyaan-pertanyaan ini Katzdan Khan mengajukan empat alasan mengapa kepemimpinan masih diperlukan.


  1. Meski telah memiliki struktur organisasi yang menjelaskan kedudukan masing-masing individu di dalam organisasi dan pembagian kerja di antara mereka, namun harus diakui bahwa dalam batas tertentu desain organisasi sering tidak lengkap, sederhananya, organisasi tidak bisa didesain seperti mesin yang bisa dengan mudah dihidupkan lantas semuanya bisa berjalan secara otomatis, organisasi terdiri dari orang-orang yang membutuhkan sentuhan, memerlukan inspirasi, dorongan, dan motivasi. untuk tujuan ini seorang pemimpin dibutuhkan kehadirannya.
  2. Organisasi tidak hidup dalam ruang isolasi yang terbebas dari pengaruh lingkungan luar. Oleh karena itu jika lingkungan luar berubah organisasi juga harus beradaptasi terhadap perubahan tersebut. Kehadiran seorang pemimpin dengan demikian diperlukan untuk mengidentifikasikan strategi baru dan cara-cara yang mungkin bisa dijalankan untuk menyikapi perubahan lingkungan tersebut.
  3. Sebagai implikasi dari perubahan lingkungan eksternal, sering kali tidak bisa dihindarkan lingkungan internal pun harus mengalami perubahan, Demikian juga, tanpa harus menunggu perubahan lingkungan eksternal, lingkungan internal sering mengalami perubahan misalnya karena pertumbuhan atau karena siklus hidup organisasi lainnya yang menyebabkan organisasi menjadi semakin dinamik. Akibatnya tidak jarang arah organisasi menjadi melenceng dari tujuan semula karena masing-masing unit organisasi mengiterpretasi perubahan tersebut dengan bahasa masing-masing sehingga tidak jarang pula timbul konflik di antara mereka. Pada situasi seperti inilah peran seorang pemimpin menjadi penting untuk melakukan koordinasi dan menyelesaikan konflik.
  4. Kehadiran seorang pemimpin sangan diperlukan terutama untuk memberi motivasi, menginspirasi dan menjaga agar karyawan mau terus terlibat dalam kehidupan organisasi. Mereka datang dan pergi. Mereka juga memiliki kehidupan sendiri yang kadang-kadang tidak sejalan dengan keinginan organisasi. Oleh karena itu meski mereka mungkin selalu mengalami perubahan. Padahal bagi organisasi itu sendiri, kehadiran mereka tidak lain untuk membantu organisasi menyelesaikan masalah dan mencapai tujuan organisasi. ketika terjadi diskrepansi antara karyawan dengan organisasi inilah dibutuhkan seorang pemimpin guna menginspirasi dan memotivasi serta merubah mereka menjadi orang yang memiliki komitmen dan berkontribusi terhadap kepentingan organisasi.
Terima Kasih semoga bermanfaat., (dikutip dari berbagai sumber)