Usaha Karangan Bunga Papan atau Florist yang Menjanjikan

 

Usaha Karangan Bunga Papan atau Florist yang Menjanjikan
sumber foto BEE florist

NIKEKUKO.COM - Latar Belakang Berdirinya Usaha Bunga merupakan sebuah tanaman yang diciptakan memiliki keindahan yang bisa membuat orang menyukai dan menyenanginya. Sejak jaman dahulu bunga merupakan bagian dari sebuah perayaan dan menjadi hiasan upacara keagamaan. Pemakaian  hiasan bunga sudah dipakai dari jaman kerajaan Hindu di Indonesia, bunga dijadikan hiasan istana dan tempat-tempat bagian dari istana kerajaan.

 

Berbagai macam cara untuk mengungkapkan segala rasa dengan sebuah karangan bunga. Di zaman sebelum kemerdekaan, rangkaian bunga berbentuk lingkaran biasanya diletakkan di pundak para pahlawan, patung dewa-dewi. Arti dan maksud dari karangan bunga papan sendiri sebenarnya merupakan suatu lambang atau simbol dari si pengirim karangan bunga kepada penerima sebagai sebuah apresiasi. 

 

Baca juga :  Manfaat Cobek Batu Gunung Merapi bagi kesehatan

 

Florist atau yang disebut juga  karangan bunga papan juga sering digunakan untuk kerabat atau bahkan rekan kerja yang sedang berduka cita sebagai bukti untuk ikut bersimpat.  Namun, pada jaman sekarang makna dari tujuan mengirim karangan bunga sendiri berbeda, pada saat ini tujuannya untuk mempromosikan diri sendiri yang berarti untuk mempromosikan nama dari si pengirim sendiri dan untuk mempromosikan usaha dari pengirim. 


Forist atau karangan bunga digunakan untuk menghormati orang yang sudah meninggal. Bukan hanya untuk ungkapan duka cita saja, dahulu karangan bunga juga dipamerkan pada saat festival, upacara, dan selama kegiatan keagamaan.  Dengan seiringnya  waktu berlalu dan juga perkembangan jaman karangan bunga papan sudah mengalami banyak perubahan secara fungsional. 


Usaha Karangan Bunga Papan atau Florist yang Menjanjikan

 

Baca juga : 4 Hewan yang Sekarang Mulai Jarang Kita Temukan

 

Usaha Karangan Bunga Papan atau Florist yang Menjanjikan

Untuk  saat ini bunga papan banyak ditemukan dalam berbagai acara pernikahan, duka cita, sampai dengan kiriman karangan bunga papan untuk berbagai peresmian kantor atau pun tempat usaha baru. Dengan adanya ketertarikkan untuk memasuki bidang usaha karangan bunga ini dikarenakan termotivasi dengan peluang yang ada.

 

Usaha Karangan Bunga Papan atau Florist yang Menjanjikan

 

Bertambahnya  banyak masyarakat yang mulai menggunakan jasa karangan bunga ini untuk dijadikan sebagai ucapan kepada kerabat dan rekan kerja. Bisnis usaha ini menguntungkan karena selalu mengalami peningkatan dari waktu ke waktu. Dari pada itu target pasar yang dituju juga beragam mulai dari remaja, dewasa dan orang tua. Bahkan perkembangan Kota Curup  juga semakin pesat, semakin banyak perkembangan hotel,  pariwisata, perkantoran dan sektor bisnis lainnya.Sehingga dapat membantu minat masyarakat untuk menggunakan jasa karangan bunga sebagai rasa kepedulian atau apresiasi kepada rekan kerja atau kerabat .

 

Usaha Karangan Bunga Papan atau Florist yang Menjanjikan

 

Perkembangan yang terjadi di Kabupten Rejang Lebong khususnya kota Curup, dapat mendorong tumbuhnya sektor-sektor jasa informal yang keberadaannya tidak terlihat tetapi dapat dirasakan dan berpengaruh besar terhadap perekonomian daerah  Kabupaten Rejang Lebong  khususnya Curup dan sekitarnya. Ini terlihat pada usaha jasa florist atau bunga papan yang mempunyai perkembangan dan peluang usaha yang sangat menggiurkan bagi para wirausahawan. 

 

 Baca juga :  Apa Saja Efek Samping dari 5 Vaksin Booster Covid,Moderna, dan Pfizer

 

Hal ini terlihat dari banyaknya kegiatan-kegiatan yang bertaraf daerah hingga bertaraf nasional, dan berdampak terhadap meningkatnya jumlah penggunaan jasa bunga papan dari hari ke hari. Kondisi ini memperlihatkan besarnya kesempatan disektor jasa penyewaan bunga papan di Kabupaten  Rejang Lebong  yang semakin hari selalu mengalami peningkatan.  Kabupaten Rejang Lebong  sendiri kini telah banyak muncul usaha-usaha bunga papan, baik yang legal (memiliki izin usaha) maupun yang ilegal (tidak memiliki izin usaha).


Akan tetapi dalam menjalankan usahanya, pengusaha bunga papan BEE Florist harus menghadapi pesaing yang jumlahnya tidak sedikit, baik usaha bunga papan yang telah memiliki surat izin, maupun usaha-usaha bunga papan yang tidak memiliki surat izin.


Pembuatan  kreasi desain- desain terbaru yang ditawarkan oleh usaha-usaha bunga papan di kota Curup, Rejang Lebong  serta harga sewa yang bersaing membuat usaha bunga papan / Florist harus mampu menciptakan desain-desain terbaru dengan kualitas yang baik. 

 

Baca juga : Orris yang Bisa Laku Sampai 900 Juta, Mengalahkan Si Muntahan Paus,   Ternyata ini Alasannya Bidadari Surga Tidak di Turunkan ke Bumi Seperti Malaikat

 

Upaya selain itu, kondisi kultural dan budaya  kota  Curup yang majemuk menjadi tantangan tersendiri bagi usaha bunga papan BEE Florist untuk terus berusaha meningkatkan pelayanannya agar bunga papan pesanan konsumen dapat terpasang tepat waktu.


Terjadinya persaingan dengan pengusaha bunga papan lain, menyebabkan usaha bunga papan BEE Florist harus mencari strategi untuk pemasaran usaha bunga papannya. Hal ini diperlukan kajian mengenai strategi pemasaran yang dilakukan oleh pengusaha bunga papan BEE Florist untuk dapat terus mengembangkan usahanya. Berkaitan dengan hal itu perlu dilakukan kajian terhadap kekuatan, kelemahan, peluang dan ancaman yang dihadapi serta rekomendasi strategi. 


Harga yang ditawarkan cukup beragam, mulai dari kisaran untuk ukuran 2x3m seharga Rp. 300.000 dan ukuran 2x6m seharga Rp. 400.000, serta ukuran yang lebih besar lagi sesuai permintaan konsumen.


Segera pesan karangan bunga /florist untuk acara special orang kesayangan Anda.


Pada usaha bunga papan BEE Florist yang berlokasi di Sidorejo Curup Kab, Rejang Lebong.