Perkakas Di Rumah yang Harus Rutin Diganti

 

Perkakas Di Rumah yang Harus Rutin Diganti

Nikekuko.com - Setiap anggota keluarga wajib dan mutlak menjaga yang namanya kebersihan rumah baik didlam maupun disekitar rumah. Diantaranya yaitu dengan rutin mengganti beberapa barang yang dianggap membawa kuman dan bakteri penyebab penyakit.
 

Terutama didaerah sekitar dapur misalnya, area ini wajib dijaga kebersihannya karena dari sanalah makanan untuk keluarga dibuat. Oleh karena itu penting untuk membuat dapur bersih dari barang-barang.
 
Bukan hanya dapur, kamar mandi juga harus dijaga kebersihan. Ada beberapa barang di kamar mandi yang harus rutin untuk dibuang dan diganti secara berkala demi kesehatan.

Ini beberapa hal yang harus dibuang dan diganti secara berkala agar rumah dan penghuninya tetap sehat.


1. Serbet
Serbet kotor atau tak layak pakai biasanya masih dipertahankan dan menumpuk di dalam dapur tanpa Anda sadari.
 

Perkakas serbet kotor ini justru menjadi sumber kuman yang tidak baik. Oleh sebab itu, sebaiknya segera mengganti serbet kotor dengan yang baru. 

2. Perkakas memasak
Perkakas memasak yang sudah tergores atau terkelupas harus segera Anda ganti. Dari pada itu membuat makanan cepat gosong, peralatan masak yang terkelupas juga bisa berbahaya bagi kesehatan.Kamu perlu mengganti peralatan masak setidaknya setiap 3 sampai 5 tahun sekali.


3. Sisir
Sudah berapa lama Anda tak mengganti sisir? Ternyata sisir harus diganti secara berkala karena kuman yang menempek di sisir bisa kembali lagi ke kuliat kepala Anda.
 
Anda bisa membersihkan sisir setidaknya satu kali dalam seminggu, dan membeli yang baru setiap tahun. 


4. Sikat gigi

 
Gantilah sikat gigi di rumah Anda setiap tiga bulan sekali, atau saat sikat gigi mulai terasa tidak nyaman digunakan.


5. Spons Mandi

 
Spons mandi digunakan setiap hari untuk menghilangkan debu, kotoran, dan sel kulit mati yang menempel di tubuh. Dapat dibayangkan betapa kotornya spons mandi tersebut.
 
Anda wajib menggantinya setiap tiga minggu sekali. Sel-sel kulit mati ditambah kondisi kamar mandi yang lembab akan membuat bakteri betah tinggal di spons.


6. Sikat toilet

 
Benda lainnya yang perlu diganti secara berkala adalah sikat toilet. Sikat yang sering digunakan tentu sudah terkontaminasi dan menjaga sarang kuman yang membawa penyakit.

7. Sabun anti bakteri

Sabun anti bakteri, pasta gigi, hingga beberapa produk kecantikan lainnya biasanya mengandung triclosan kimia antimikroba.

Kandungan ini nyatanya akan mengganggu fungsi tiroid dan kadar hormon, serta memicu pertumbuhan bakteri yang kebal terhadap pengobatan anti bakteri!

8. Tirai mandi vinyl

Tirai mandi yang terbuat dari vinyl nyatanya menyimpan banyak bahan kimia berbahaya, termasuk senyawa organik yang mudah menguap (VOC) hingga organotin.

Untuk menyiasatinya gunakanlah tirai mandi yang terbuat dari katun, polyester, atau nilon.

9. Pestisida sintetik

Pestisida memang baik untuk memberantas hama, namun punya beberapa dampak yang enggak baik untuk manusia. Pestisida sintetik nyatanya bahkan bisa menyebabkan kanker.

Gunakanlah pembasmi serangga dan hama alami, seperti menggunakan kulit jeruk atau minyak eukaliptus lemon.

10. BPA/Plastik PolikArbonat


BPA biasanya digunakan untuk mengeraskan plastik.  Agar tidak terkena dampak buruk dari BPA, letakkan buah-buahan atau sayur pada wadah yang terbuat dari kaca.Semoga bermanfaat.