Cara Memasang Widget Musik Di Blog yang Gampang

N i k e k u k o.com

Cara Memasang Widget Musik Di Blog Sungguh Mudah Dan Simpel

Pada umumnya dari blogger mungkin ada yang menginginkan blognya terlihat tampil beda dengan blog yang lain, ingin tampilan blognya terlihat lebih menarik dan juga keren.

Begitu banyak cara supaya tampilan blognya keliatan lebih keren bukan hanya tampilan tempelatnya saja yang dirubah tapi juga bisa dipasangin lagu atau musik, yang bisa memanjakan pengunjung blog.
 

Biasanya kita mengunjungi suatu blog dan terdengar sura alunan musik, ini sebenarna memang dari pemilik blog sengaja memasangnya, dengan harapan pengunjung blognya bisa membaca artikel dan sambil menikmati musik yang secara otomatis diputar.

Lalu, muncul pertanyaan, bagaimana cara memasang musik nya ?  Dan ini yang akan kita bahas di sini cara memasang widget musik di blog sendiri.

Untuk memasang Musik di Blog yang kita miliki ini sangatlah mudah dan banyak cara untuk memasangnya seperti memasang pada postingan blog dan juga bisa memasang di widget blog
atau di manapun yang kita inginkan.
 

Cara memasangnya pun sangatlah mudah kita hanya membutuhkan kode HTMl yang akan kita sisipkan pada blog yang kita miliki,maka secara otomatis alunan musik akan terdengar, asalkan memasang kode HTML nya dengan benar dan tepat.
 

Pada internet banyak sekali penyedia musik player yang tersedia  yang dapat kita gunakan dan dipasang ke blog yang kita miliki.

Untuk ini yang akan kita ulas adalah cara memasang musik dengan menggunakan widget yang tersedia diblog dengan kode HTML.

Caranya sebagai berikut:

    1. Masuk ke dalam ke halaman Dashboard blogger.
    2. Kemudian pilih dan klik Tata Letak.
    3. Kemudian pilih dan klik Tambah Gadget.
    4. Kemudian pilih HTML/JavaScript.
    5. Kemudian kunjungi soundcloud.com link berikut ini https://soundcloud.com bisa medaftar dan juga tidak, cari musik yang ingin di pasang dan Anda sukai

Lalu bagaimana cara memasang widget musik lagu apapun sesuka kita untuk blog? beberapa waktu lalu saya coba browsing music widget di google, kebanyakan memang dibatasi, karena tau sendiri, ini bisa saja termasuk pelanggaran h4k C1pta. Tujuan lagu dibuat kan untuk didengar? untuk menghibur, kalo hanya fokus untuk dijual, itu lagu apa gorengan? apalagi sekarang sudah ada youtube, dimana musik bisa dengan mudah di record ulang di PC atau dengan mengunduh videonya. Semua ini sudah menjadi resikonya, kalo tujuannya memang fokus dijual, ya bikin lapak sendiri, jangan bundir dengan aplot di youtube, ya gak XD
 

Cara memasang widget musik ini dengan bantuan Google Site sebagai hoster file mp3 nya. Lalu tinggal copy link to file tersebut dan diberi sedikit bumbu script html agar bisa dipasang di widget Blog. Berikut adalah tahap-tahapnya :

Cara Memasang Musik di Widget Blog

 Hosting File :
 

1. Buka halaman Google Site yang versi klasik, jangan yang versi baru. Klik Disini

2. Klik Create in Classic Site, lalu beri nama Site dan Url nya, pastikan unik karena nama yang mainstream kemungkinan tidak tersedia. Untuk template pilih blank saja, dan klik Create. 

3. Jika berhasil dibuat, klik tombol Create Page, Beri nama, dan pastikan pada pilihan template to use kamu pilih File Cabinet. Lalu klik create.

4. Jika sudah, pada Page yang sudah kamu buat tadi silahkan Add File musik yang ingin kamu pasang di blog (mp3). lalu copy linknya (linknya terdapat pada tombol download).


 Pemasangan Script :


Selanjutnya buka menu tata letak blog, lalu tambahkan widget baru > Html/Javascript, lalu copy kode di bawah ini, Ganti URL-Lagumu dengan Url File Mp3 di Google Site tadi.

 

Misalnya :

 

 

1. Autostart='true' ubah ke Autostart='false' untuk mematikan fitur autostart.

2. Loop='true' ubah ke Loop='false' untuk mematikan pengulangan pemutaran musik.

3. Jika sudah, klik simpan dan selamat kini blog kamu memiliki musik yang kamu inginkan.

4. Kamu juga bisa gunakan link diatas, lagunya Twice - Dance The Night Away.


Untuk autostart kadang tidak jalan di browser versi lama atau browser yang kurang populer. Kalau di Mobile pastikan gunakan android dengan browser bukan versi lite untuk mencoba fitur autostart musiknya. Berikut demonya gan, asal-asalan : buka saja trialadms.blogspot.com. Semoga bisa menambah wawasan ngeblog kamu, terimakasih telah berkunjung.