Mengenal Lebih Dekat Jenis-jenis Karakter Kepribadian

 

Mengenal Lebih Dekat Jenis-jenis Karakter Kepribadian

Nikekuko.com - Mengintensifkan perubahan diri anda ke arah yang lebih baik tentu perlu mengetahui tipe kepribadian atau karakter yang ada dalam diri anda. Pada saat melihat seseorang, tentunya terkadang merasa karakter kita sama dengan orang tersebut dan begitu pun sebaliknya. 

Memiliki karakter seseorang pun ada golongan-golongannya. Sehingga dapat diketahui melalui sifat, sikap dan perilaku seseorang. Didalam mengetahui karakter seseorang juga membantu untuk memahami lawan bicara pada interaksi sosial dengan orang-orang sekitar. Memahami karakter seseorang memungkinkan kita untuk bisa mengkondisikan sikap atau perilaku tertentu yang sesuai dengan lawan bicara. Berikut karakter manusia dibedakan menjadi 4 (empat), yaitu :

1. Plegmatis

Plegmatis memiliki unsur kepribadian yang dingin. Plegmatis sering dikenal sebagai orang yang cinta damai. Karakter ini menunjukkan pribadi yang lebih tenang, cenderung diam, mudah diatur, suka mengalah dan tidak menyukai adanya konflik. 

 

Manusia dengan kepribadian ini cenderung menyukai kehidupan yang damai-damai saja, namun pada saat dihadapkan dengan masalah, mereka akan cenderung kesulitan dalam mengambil keputusan dan sering menunda-nunda. Akan tetapi sifat buruk seorang plegmatis ialah sering memendam masalah karena tidak enak dengan orang lain sehingga merugikan hidupnya. Sifat kepribadian alami plegmatis akan baik jika ditempatkan pada suatu pekerjaan seperti perawat, guru, psikolog, konseling.

2.  Melankolis

Mempunyai unsur kepribadian yang basah. Dapat pula melankolis dikenal memiliki pembawaan yang serius dan tekun sehingga dalam membuat perencanaan akan dilakukan secara detail. Melankolis biasanya juga dikenal dengan sifat perfeksionis karena mereka memiliki karakter cenderung rapi, teratur, terencana, dan mampu mempertimbangkan segala sesuatu setelah melihat hal-hal kecil. 

Manusia dengan tipe ini cenderung suka mengatur orang lain, suka mengontrol semuanya sendiri, bicaranya dingin, sesuai aturan dan baku. Sehingga selalu ingin tahu dan mengejar jawaban sampai mendalam karena menginginkan kesempurnaan. Kepribadian alami melankolis akan sangat baik jika ia memilih menjadi manajer, akuntan, pekerja sosial dan administrasi.

3.  Sanguinis

Mempunyai unsur kepribadian yang panas. Sanguinis ini dikenal memiliki pembawaan yang ceria, aktif dan optimis. Umumnya pribadi seperti ini sangat mudah bergaul dan mudah membangun suasana menjadi lebih menyenangkan. Jenis ini merupakan tipe yang suka menjadi pusat perhatian, ingin selalu disenangi oleh orang lain, memiliki rasa percaya diri yang tinggi, dan selalu senang dengan situasi yang gembira seperti pesta maupun berkumpul bersama teman-teman. Akan tetapi, sanguinis ini cenderung sulit untuk berkonsentrasi dan diajak serius, serta cenderung memberikan keputusan setelah berpikir pendek. Pada kepribadian sanguinis dikenal kreatif, maka kemampuan alami sanguinis juga baik jika memilih pekerjaan yang berhubungan dengan dunia hiburan, travel, fashion, kuliner, dan juga marketing.

4.  Koleris

Mempunyai unsur kepribadian yang kering. Koleris ini dikenal memiliki pembawaan emosional, logis dan keras kepala. Kepribadian koleris merupakan tipe kepribadian seorang pemimpin. Jenis ini sangat suka mengatur, suka petualangan, suka tantangan baru dan tegas dalam mengambil keputusan, serta tidak mudah menyerah maupun mengalah. 

 

Kepribadian koleris juga dikenal suka menghabiskan waktu bersama orang-orang yang memiliki banyak pembicaraan serius. Kekuatan alami koleris akan baik jika ditempatkan pada pekerjaan yang terkait dengan teknologi, statistik, teknik dan bidang pemrograman.