Kesaksian Al Qur'an dan Hadits tentang "Yesus Kristus Isa Almasih"

www.nikekuko.com   

 

Kesaksian Al Qur'an dan Hadits tentang "Yesus Kristus Isa Almasih"

Isa alaihisalam (AS) adalah seorang nabi, putra Maryam putri Imran, keturunan Nabi Daud AS. Memiliki beberapa mukjizat Nabi Isa as yang luar biasa yang diberikan Allah SWT.  Diantaranya mukjizat Nabi Isa as yakni bisa menghidupkan orang mati dengan izin Allah, bisa menyembuhkan orang buta, mampu berbicara saat masih bayi, dan paling utama yakni kitab Injil sebagai pedoman bagi umatnya saat itu.

Nabi Isa Al-Masih adalah Pribadi yang sangat istimewa. Dijelaskan ada banyak sekali ayat Al-Quran mengenai Isa. Nabi Isa Al-Masih menjadi salah satu Pribadi yang paling banyak tersebut dalam Al-Quran.

Berikut ini data ayat Al-Quran tentang Isa:

  1. 25 kali tertulis nama Isa.
  2. 35 kali memakai kata ganti orang pertama.
  3. 48 kali memakai kata ganti orang ke tiga.
  4. 79 kali penyebutan gelar-Nya (Kalimatullah, Al-Masih, ibn Maryam, dll).

Didalam sekian banyak ayat Al-Quran tentang Isa, tahukah Anda mana yang terpenting? Pada saat Anda mempelajarinya, maka Anda akan lebih mengerti siapakah Isa Al-Masih sebenarnya.
 

7 Ayat Al-Quran Tentang Isa Al-Masih:
 

Dijelaskan berikut ini adalah ayat-ayat Al-Quran tentang Isa yang sangat penting. Dari daftar ini jelas menyatakan keistimewaan Isa Al-Masih. Mari kita lihat satu per satu.

  • Isa Satu-Satunya Nabi Yang Dilahirkan Perawan.

Maryam berkata: “…betapa mungkin aku mempunyai anak, padahal aku belum pernah disentuh oleh seorang laki-laki pun…” (Qs 3:47).
Mengapa hanya Isa yang Al-Quran nyatakan lahir dari perawan? Sedangkan Ibrahim, Daud, Salomo, bahkan Muhammad pun tidak lahir dari perawan.

  • Isa Satu-Satunya Nabi Yang Suci.

Al-Quran menyatakan: “(Isa)…seorang anak laki-laki yang suci” (Qs 19:19). Hadits menyatakan Isa yang tidak tersentuh setan pada saat datang ke dunia. “Tidak ada seorang pun dari anak keturunan Adam yang dilahirkan kecuali dia disentuh oleh setan … kecuali Maryam dan anaknya (Isa Al-Masih)“ (Shahih Bukhari 3177).
Injil juga menginformasikan hal yang sama. “Al-Masih tidak mengenal dosa…” (Injil, 2 Korintus 5:21,). Semua hal ini meneguhkan kualitas Isa sebagai “manusia yang sempurna” (Qs 19:17).

  • Isa Mengerjakan Banyak Mujizat Bahkan Membangkitkan Orang Mati.
  1.  Isa Al-Masih bisa membuat banyak mukjizat. Al-Quran menyatakan“…(Isa) menyembuhkan orang yang buta sejak dalam kandungan ibu dan orang yang berpenyakit…dan… mengeluarkan orang mati dari kubur (menjadi hidup)…” (Qs 5:110).
  2. Injil mencatat hal yang serupa. “Isa sudah pergi ke mana-mana untuk berbuat baik dan menyembuhkan semua orang yang dikuasai Iblis…” (Injil, Kisah Para Rasul 10:38, parafrasa).

    Menariknya Ia juga mampu membangkitkan orang mati. Bukankah hanya Allah yang mampu memberikan kehidupan (Qs 22:73)? Namun, mengapa Isa menjadi satu-satunya nabi yang tercatat bisa memberikan kehidupan?

  • Isa Memberikan Pengetahuan Tentang Hari Kiamat.
  1.  Al-Quran jelas menyatakan hanya Allah yang mengetahui hari kiamat. “Sesungguhnya Allah, hanya pada sisi-Nya sajalah pengetahuan tentang Hari Kiamat…” (Qs 31:34). Namun, Isa jelas mengetahuinya juga. “Dan sesungguhnya Isa itu benar-benar memberikan pengetahuan tentang hari kiamat. … Inilah jalan yang lurus” (Qs 43:61).
  2. Hadits bahkan menyatakan Isa sebagai Hakim adil. “Isa akan turun ke bumi sebagai Hakim Adil di akhir jaman” (Sahih Muslim 220).

 

  • Isa, Kalimat Allah, Terkemuka Di Dunia Dan Di Akhirat.
  1. Hanya Isa yang mendapat julukan Kalimatullah (Firman Allah) dalam Al-Quran. Gelar ini menyatakan Isa adalah pernyataan kebenaran Allah bagi manusia. “…Malaikat berkata: ‘Hai Maryam, sesungguhnya Allah menggembirakan kamu dengan kalimat (yang datang) daripada-Nya (Isa Al-Masih)…seorang terkemuka di dunia dan di akhirat …” (Qs 3:45).
  2. Selain itu Isa juga terkemuka di dunia dan akhirat. Istilah “terkemuka” berarti pertama, terdepan, termasyhur. Ayat suci Injil mengingatkan kita bahwa, “… [Isa] yang lebih utama dari segala sesuatu” (Injil, Kolose 1:18).

  • Isa Meninggal dan Bangkit Hidup Kembali.

    “… pada hari aku [Isa Al-Masih] dilahirkan, pada hari aku meninggal dan pada hari aku dibangkitkan hidup kembali” (Qs 19:33). Isa melewati semua fase hidup (kelahiran, kematian, kebangkitan). Hal ini mengkonfirmasi bahwa Isa mengalami kebangkitan dari orang mati.
    Sehubungan dengan hal ini, akidah Islam dan Kristen sepaham bahwa Isa sekarang berada di surga. “Hai Isa, sesungguhnya Aku (Allah) akan…mengangkat kamu kepada-Ku, … hingga hari kiamat” (Qs 3:55).

  • Isa Menjadi “Tanda” dan “Rahmat” bagi Manusia.
  1. Jibril berkata: “…Kami menjadikannya (Isa) suatu tanda bagi manusia dan sebagai rahmat dari Kami” (Qs 19:21). Jadi, Allah menjadikan Isa sebagai “tanda-Nya” untuk menuntun manusia memperoleh Rahmat Allah.
  2. Hal ini adalah “jalan Allah” untuk keselamatan manusia. “…Aku memberikan hidup kekal [surga] kepada mereka [pengikut Isa] dan mereka pasti tidak akan binasa sampai selama-lamanya dan seorangpun tidak akan merebut mereka dari tangan-Ku” (Injil, Yohanes 10:28).


Penjelasan lengkap terdapat dalam Injil Suci Allah. Namun, sayangnya, banyak orang beragama belum tahu siapakah Isa sebenarnya. Sebagian melalaikan-Nya, bahkan mengejek Dia. Mereka belum menganggap Dia “terkemuka di dunia dan akhirat.”

Nampak terlihat bahwa Isa begitu Istimewa. Beliaulah satu-satunya yang lahir dari perawan. Cuman Isa yang disebut suci dan “Manusia yang Sempurna”. Ia mendapat gelar Kalimatullah. Ia sama dengan Allah yang sanggup memberi kehidupan dan mengetahui kiamat.

Semua ini menyatakan bahwa Isa adalah Allah. Dengan mengimani Isa, manusia akan mendapatkan rahmat Allah. Ia adalah jalan lurus menuju surga.