Kencan Buta "BIind Date" yang Perlu Diperhatikan

 

Kencan Buta "BIind Date" yang Perlu Diperhatikan

Nikekuko.com - Hayo...siapa nih di antara kalian yang pernah blind date atau kencan buta?

Pada saat nih biasanya melakukan blind date karena kenal di aplikasi dating dan mulai janjian buat ketemuan.

Namun ada juga blind date yang diatur sama temen atau keluarga kita sendiri, jadi mak comblang deh. Blind date sebenarnya cukup seru lho karena kita bertemu dengan orang baru yang belum kita kenal.

Dari pertemuan pertama saat blind date, first impression kayakya bakal lebih dominan bermain nih.

Dikarenakan dari pertemuan pertama itu yang bakal menetukan apakah kita bakal mengatur pertemuan lagi setelahnya atau cukup sekali aja.

Ada beberapa kegiatan seru yang bisa dilakukan saat pertama kali ketemuan di blind date. Walaupun terasa aneh sebagian orang, kencan buta sebenarnya bisa membantu Anda menemukan pasangan hidup.

Blind date atau kencan buta adalah salah satu cara mencari jodoh dengan melakukan berbagai hal saat pertama kali bertemu.  Adapun langkah ini dimaksudkan untuk mengenal satu sama lain lebih dalam sebelum memulai hubungan. Ada kalanya, kencan buta tidak berjalan sesuai rencana.
 

Mengenal kencan buta

Momen blind date atau kencan buta yakni momen pertemuan antara Anda dengan orang yang belum pernah ditemui sebelumnya untuk pertama kali. Tentunya diawali dengan obrolan santai dengan maksud mengenal satu sama lain lebih dalam.

Individu yang mengajak atau diajak kencan ini umumnya diperkenalkan lewat teman atau anggota keluarga. Dengan melakukan pertemuan, keputusan untuk membawa hubungan ke arah yang lebih serius bergantung pada Anda dan orang tersebut. Bila tidak merasakan adanya kecocokan satu sama lain, Anda berhak untuk tidak melanjutkannya.


Tips sukses kencan buta

Pada saat melakukan blind date, sejumlah hal perlu Anda pahami agar kencan berjalan dengan lancar. 

Ada beberapa hal yang perlu diperhatikan sebelum atau ketika menjalani kencan buta adalah sebagai berikut:


1. Tentukan orang yang benar-benar cocok dengan Anda
 

Pada saat hendak menjalani kencan buta, pastikan memilih orang yang benar-benar cocok dengan Anda. Mintalah informasi mengenai sifat dan kepribadian orang tersebut kepada teman atau anggota keluarga yang mengenalkan Anda dengannya pada saat sebelum kencan.  Apabila Anda merasa cocok, tidak ada salahnya untuk melakukan blind date dengan orang tersebut.

2.  Diawali dengan panggilan telepon

Cobalah untuk berkomunikasi terlebih dahulu dengan orang yang hendak diperkenalkan dengan Anda sebelum melakukan kencan. Tak perlu mengenalnya terlalu dalam, tanyakan latar belakang dan minatnya saja terlebih dahulu. Dengan mengetahuinya, Anda dan orang tersebut dapat memilih tempat dan aktivitas yang tepat saat pertama kali berkencan.


3. Jadilah apa adanya

Ada sebagian orang sering kali mencoba untuk menjadi orang lain saat berkencan.  Tidak tanpa alasan, hal ini biasanya dilakukan untuk menarik perhatian calon pasangan mereka. Sebetulnya boleh dilakukan, namun sebisa mungkin cobalah jadi diri sendiri. Lalu, biarkan orang tersebut menyukai diri Anda apa adanya, bukan karena hal yang sengaja dibuat-buat.


4. Katakan batasan Anda


Pada saat bertemu untuk pertama kali, jangan sungkan untuk menyampaikan batasan-batasan yang telah Anda buat bagi diri sendiri. Katakan apa saja yang Anda butuhkan agar merasa aman dan nyaman secara fisik maupun mental. Tentunya orang yang baik tentu akan mengerti serta menghormati batasan-batasan Anda.


5. Hindari basa-basi

Pada saat bertemu dengan orang baru, Anda mungkin akan merasa kesulitan untuk membuat percakapan terasa mengalir. Hal itu pun sering membuat orang-orang melakukan basa-basi pada kencan pertama. Sebisa mungkin hindari hal tersebut dan sampaikanlah pertanyaan-pertanyaan yang membantu Anda mengenalnya lebih dalam.


6. Jangan berekspektasi terlalu tinggi

Semua orang pasti mempunyai ekspektasi tinggi terhadap calon pasangannya. Tetapi, apabila Anda baru bertemu dengan orang tersebut dan tidak mengenal ia sebelumnya, jangan menaruh ekspektasi terlalu tinggi. Saat ekspektasi tersebut tidak terpenuhi saat blind date, Anda hanya akan merasa kecewa. Untuk mengenalnya lebih dalam, pertimbangkan kencan lanjutan.

7. Bersenang-senanglah
Saat menjalani blind date, bersenang-senanglah.  Dikarenakan dapat membantu Anda untuk mengenalnya lebih dalam lagi. Kencan buta juga tak akan terasa seperti beban jika Anda benar-benar menikmatinya. Cobalah melakukan sesuatu yang baru dengan teman kencan Anda.


8. Tetap jaga keamanan
Sebab bertemu dengan orang belum pernah dikenal sebelumnya, Anda tetap harus menjaga keamanan. Pastikan barang bawaan Anda selalu dalam pantauan.Dari pada itu, jaga keamanan makanan dan minuman. Usahakan untuk menghabiskan makanan dan minuman sebelum meninggalkannya.


9. Berikan kesan yang baik


Jika mugkin orang tersebut bukan tipe Anda. Kalau kencan buta yang dilakukan tidak menimbulkan bekas di hati Anda. Walaupun begitu, Anda tetap harus memberikan kesan yang baik dalam pertemuan tersebut.  Jangan sampai memasang wajah bosan atau jutek di depannya selama bersamanya. Akan lebih bagus sudahi pertemuan dengan baik-baik sebelum pergi.  Pada saat menjalani blind date, sejumlah tips bisa Anda lakukan agar semua berjalan dengan lancar, mulai dari menjadi diri sendiri, memilih orang yang sesuai dengan kriteria Anda, hingga tidak berekspektasi terlalu tinggi pada pertemuan pertama.

 

Saat pertemuan pertama, kita pasti pengin memberikan kesan alias first impression yang baik. Untuk itu, ada beberapa trik agar kencan buta alias blind date-mu berkesan. Apa aja?

  1. Kontak mata
  2. Senyum hangat
  3. Postur tubuh yang baik
  4. Gunakan salam atau bahasa verbal yang sopan dan ramah
  5. Tetap santai dan rileks

Karena ini adalah pertemuan pertama kita dengan orang yang benar-benar stranger, jadi tetap harus hati-hati dan wasapada, ya!

Apabila Anda merasa tidak cocok dengan orang tersebut, jangan sungkan untuk tidak melanjutkan hubungan ke jenjang yang lebih serius. Hal, dalam memilih pasangan hidup, pastikan Anda memilih orang yang benar-benar tepat agar tidak menyesal di kemudian hari.