8 Faktor Indonesia Sulit Maju

 

8 Faktor Indonesia Sulit Maju

Nikekuko.com - Indonesia memiliki banyak kekayaan alam dan sejumlah potensi, timbul pertanyaan mengapa tidak maju dalam beberapa aspek? Terbukti ada sejumlah alasan yang melandasi pernyataan tersebut.
Dilihat dari kekayaan alam dan berbagai macam potensi yang tertanam, seharusnya negara kita bisa lebih maju menyusul negara lainnya di Asia Tenggara. Akan tetapi terbukti, ada beberapa faktor yang membuat kenapa Indonesia tidak maju.

Walau berangsur mulai nampak akan tetapi proses kemajuan tersebut harus didorong lebih keras lagi agar terasa lebih nyata.

Lantas, kenapa Indonesia tidak maju dan belum kunjung juga?

Berikut  faktor yang menyebabkan Indonesia sulit berkembang menjadi negara Maju. Diantaranya:

1. Sebagian golngan yang memang tidak suka Rakyat Indonesia maju dan berkembang. Negara Indonesia punya potensi sumber daya alam yang sangat kaya dan jadi daya tarik banyak golongan diluar sana. Jika  rakyatnya maju, sumber-daya alam akan dikelola sendiri, sehingga export akan semakin mahal. Pihak golongan ini akan mengupayakan berbagai macam cara, seperti: mendanai orang atau utusan yang berpihak kepada mereka agar maju jadi pejabat dan memimpin pemerintahan.

2. Lemahnya hukum bagi koruptor ringan. Hal ini  mereka yang korupsi adalah orang titipan atau orang utusan dari golongan tertentu itu. Sehingga mereka akan mengusahakan agar hukuman koruptor ringan.

3. Terjadinya jebakan dengan sistem utang "Debt Trap".Dengan banyaknya utang, maka tingkat kemandirian dan kedaulatan suatu negara akan perlahan berkurang.

4. Rendahnya perhatian akan pendidikan, Sekolah banyak yang tidak layak, gaji guru kecil. Hal ini sangat disukai bagi golongan itu, karena dengan rendahnya pendidikan, membuat rakyat bodoh, sehingga makin mudah mengeruk dan menjarah sumber daya alamnya.

5. Dengan banyaknya tontonan dan hiburan, yang juga berpotensi mengurangi nasionalisme berakibat rakyatnya sengaja dibikin malas

6. Sembako dan kebutuhan pertanian sengaja dibuat susah dan mahal, agar Impor makin banyak dan utang makin banyak. Sehingga timbul banyak rakyat kelaparan. Dengan itu rakyat yang kelaparan akan mudah dibeli suaranya saat pemilu, sehingga orang utusan dan orang titipan dari golongan tertentu ini mudah dapat jabatan di posisi strategis.

7. Rakyat atau orang hebat yang ingin berjuang memakmurkan Indonesia, Jika mereka mengusik golongan ini, maka mereka akan dibungkam, dijatuhkan nama baiknya, dipersulit bisnis dan karirnya, hingga dipenjarakan.

8. Memperkerjakan pihak asing daripada memberdayakan rakyat sendiri.

Adapun faktor internal dari rakyatnya sendiri:

  1. Budaya premanisme dan pungutan liar,
  2. Mudah terprovokasi tanpa melihat fakta dan data
  3. Etos kerja kurang
  4. Sogok-menyogok dan Nepotisme
  5. Sanitasi dan kebersihan rendah,
  6. Tingginya tingkat kekerasan dan pelecehan pada anak dan perempuan
  7. Mudah menghakimi orang lain jika dianggap tidak sesuai dengan pandangannya sendiri.
  8. Melanggar aturan dasar, seperti tidak mentaati peraturan lalu lintas dan buang sampah sembarangan.
  9. Masih sering rasis (misalnya dengan penduduk Indonesia Timur)

Indonesia masih sangat banyak berbenah diri.  Indonesia butuh pemimpin yang tegas, keras, dan berani untuk bisa menghilangkan golongan-golongan ini dari Indonesia.