Mau Jadi Hacker Ini Tempat Sekolahnya

 

Mau Jadi Hacker Ini Tempat Sekolahnya

 Nikekuko.com - Kemunculan Bjorka dalam dunia digital Indonesia membuat keamanan siber menjadi tren isu akhir-akhir ini.

Tindakan  Bjorka tidak hanya sebatas pencurian data masyarakat umum, namun juga merambah hingga para pejabat dan presiden.
Dapat dijelaskan, Bjorka berhasil membobol data milik Presiden Jokowi yang berupa dokumen surat rahasia.
Diantara surat tersebut bahkan dikirim oleh Badan Intelijen Negara (BIN). Jumlah data yang dicuri Bjorka setidaknya ada 679.180 dokumen berukuran 40 MB.

Semua data tersebut telah terkompres dan diunggah di situs hacker BreachForums.
Walau biasa dikaitkan dengan tindakan kriminal, keahlian hacker juga kerap digunakan oleh para perusahaan untuk menemukan celah keamanan.
Karier hacker kini bisa ditekuni melalui jalur pendidikan. Siap menjadi hacker profesional?
Ini  jurusan kuliah yang mendalami ilmu siber.

1. Cyber Security

Keamanan siber/ Cyber Security merupakan salah satu pekerjaan yang memiliki prospek cerah di tengah kemajuan teknologi saat ini.  Keamanan siber memberikan perlindungan dan penanggulangan dari serangan siber yang merajalela.
Salah satunnya Binus University merupakan  kampus di Indonesia yang menyelenggarakan kursus ini.
Mahasiswa akan diajak untuk mendalami berbagai ancaman dan kejahatan di dunia cyber.
Adapun kursus yang dipelajari di jurusan keamanan siber meliputi sistem basis data, jaringan komputer, rekayasa ulang kode, pemrosesan data besar, dan banyak lagi.



2. Teknik Informatika


Jurusan yang punya prospek cerah di tengah perkembangan teknologi, yaitu teknologi informasi. Sekolah yang menyediakan jurusan ini antara lain ada 

Universitas Padjadjaran (Unpad),
Universitas Negeri Yogyakarta (UNY), dan
Institut Teknologi Sepuluh Nopember (ITS).

Dari sumber laman resmi UNY, mahasiswa teknik informatika akan mempelajari beberapa mata kuliah terkait dunia komputer dan media digital, seperti algoritma pemrograman, sistem keamanan, hingga bahasa skrip.
Mahasiswa teknik informatika juga akan mempelajari mengenai pengembangan software hingga artificial intelligence.
Prospek kerjanya pun juga beragam, mulai dari IT consultant, software engineer, dan system administrator.

3. Ilmu Komputer
 

Jurusan ilmu komputer mempelajari segala hal mengenai komputer, mulai dari pemrograman, struktur data dan algoritma, arsitektur komputer, hingga basis data sesuai dengan namanya.
Umumnya, mahasiswa akan belajar bagaimana komputer dapat bekerja sesuai dengan yang diinginkan.
Masuk ke jurusan ilmu komputer, mahasiswa dapat menuangkan kreativitasnya dalam dunia teknologi informasi ini. Prospek kerjanya pun juga menjanjikan. Dengan kelulusan ilmu komputer akan mendapat gelar S.Kom (Sarjana Komputer) dan dapat bekerja sebagai software engineering, perancang web, hingga progammer.

4. Sistem Informasi


Dari mempelajari ilmu komputer, mahasiswa sistem informasi juga akan mempelajari ilmu ekonomi dan bisnis. Jurusan ini fokus pada perancangan dan pengembangan sistem informasi agar sesuai dengan kebutuhan organisasi.
Dengan masuk jurusan ini  akan mendapat banyak keuntungan karena mempelajari dua sisi keilmuan. Pembelajaran, mahasiswa akan mempelajari mengenai bahasa pemrograman, desain dan manajemen jaringan komputer, serta sistem dan teknologi informasi.
 

Walaupun tidak fokus di bidang IT, lulusan sistem informasi juga dapat bekerja di dunia siber, seperti information security analyst, ERP consultant, dan data scientist.

5. Rekayasa Perangkat Lunak

Selanjutnya, rurusan rekayasa perangkat lunak berfokus dalam pembelajaran dan pengembangan software. Sebenarnya jurusan ini sudah dapat dipelajari dari tingkat sekolah menengah. Oleh krena itu, untuk mereka yang ingin mendalami bidang software dapat melanjutkan ke jenjang kuliah jurusan rekayasa perangkat lunak.
Mereka akan sering dihadapkan dengan computer engineering maupun computer science.mahasiswa akan mempelajari coding, pengembangan software, hingga pemrograman.
 

Adapun jurusan ini pun sudah cukup banyak di universitas Indonesia, seperti Universitas Telkom, Universitas Prasetiya Mulya, dan Universitas Pendidikan Indonesia. Para lulusannya akan sangat dibutuhkan dalam dunia indusri dalam berbagai prospek karier seperti system analyst, software engineer, hingga programmer.
Ada juga pilihan kampus bagi mereka yang berminat memasuki jurusan ini, seperti Universitas Gunadarma, Universitas Indonesia, dan Universitas Binus.