Flowchart ; Pengertian, Simbol, Fungsi & Manfaat

 

Flowchart ; Pengertian, Simbol, Fungsi & Manfaat

Nikekuko.com - Istilah flowchart atau diagram alir? Anda mungkin sering diminta untuk memberikan penjelaskan definisi flowchart dan contoh jenisnya. Menurut Lumen Learning, flowchart mewakili suatu algoritma, alur kerja, ataupun proses yang menunjukkan langkah-langkah suatu kegiatan. Proses yang dimaksud yaitu proses dari proyek yang sedang dikerjakan. Dalam penggunaan software dapat menjadi solusi untuk mempermudah berbagai jenis proses operasional pekerjaan. Hal tersebut pastinya akan bermanfaat dalam mengerjakan pekerjaan Anda.

Lebih lanjutnya untuk mengetahui lebih lanjut mengenai fungsi, simbol, dan contohnya mari simak penjelasan berikut.

Pengertian Flowchart

Flowchart atau Diagram Alir merupakan ilustrasi visual yang menggambarkan alur kerja atau proses dan solusi dari sebuah kajian atau suatu permasalahan masalah. Diagram alir adalah alat bisnis yang menunjukkan proses linier dari suatu pekerjaan. Umumnya orang biasanya menggunakan diagram ini untuk menjelaskan konsekuensi logis, proses proyek, dan aluran otoritas dalam suatu organisasi. Untuk menjelaskan alur kerja kepada publik, menggunakan diagram alir merupakan pilihan yang tepat dan ringkas.

Tujuan
 

Adapun tujuan dari diagram alir itu sendiri ialah untuk menggambarkan suatu tahapan penyelesaian terhadap suatu masalah secara sederhana, rapi, jelas, dan terurai serta dapat menggunakan simbol-simbol yang standar. Namun, berikut ada selengkapnya beberapa tujuan penggunaannya:

  1. Menggambarkan suatu tahapan penyelesaian masalah.
  2. Secara sederhana, terurai, rapi dan jelas.


Simbol-Simbol Flowchart
 

Pada dasarnya, dalam merancangnya pun tidak ada ketentuan mutlak yang harus dipenuhi. Hal itu karena diagram/chart ini dibuat berdasarkan pemikiran untuk menganalisa suatu permasalahan dalam bisnis.  Ada beberapa simbol flowchart dan fungsinya terbagi berdasarkan pemikiran untuk menganalisa permasalahan bisnis. Berikut kumpulan simbol-simbol Diagram Alir yang dapat kamu pelajari:

Flowchart ; Pengertian, Simbol, Fungsi & Manfaat
Flowchart ; Pengertian, Simbol, Fungsi & Manfaat

Flowchart ; Pengertian, Simbol, Fungsi & Manfaat


 

 

 

 

 

 

Manfaat atau fungsi membuat flowchart
 

Banyak sekali manfaat flowchart adalah untuk menggambarkan proses dari penyelesaian masalah secara lebih ringkas menggunakan simbol-simbol tertentu. Simak beberapa fungsi lain dari flowchart berikut ini.

  • Representasi visual dari sebuah algoritma yang dapat meningkatkan kemudahan program untuk dibaca
  • Untuk menggambar program yang kompleks secara sederhana
  • Untuk membantu anggota tim mendapatkan wawasan tentang proses dan menggunakan pengetahuan ini untuk mengumpulkan data, mendeteksi masalah, mengembangkan perangkat lunak, dll
  • Flowchart adalah langkah dasar untuk merancang proses baru atau menambah fitur tambahan
  •  Supaya memudahkan komunikasi menggunakan visual diagram alur


Contoh flowchart
Dalam  memahami lebih dalam mengenai flowchart, simak contoh-contoh berikut ini.
 

1. Contoh flowchart proses pemesanan barang
Pemesanan produk → Konfirmasi pembayaran → Konfirmasi inventaris → Proses produksi → Pengiriman produk

Contoh flowchart di atas menggambarkan proses pemesanan barang, mulai dari pemesaran produk, proses produksi hingga pengiriman produk kepada kustomer.
 

2. Contoh flowchart proses pengiriman surat

Flowchart ; Pengertian, Simbol, Fungsi & Manfaat
Contoh flowchart di atas menggambarkan proses pengiriman surat, mulai dari penulisan surat, kelengkapan detail pengiriman, hingga pengiriman surat melalui kantor pos.
 

3. Contoh flowchart proses pembuatan kopi


Flowchart ; Pengertian, Simbol, Fungsi & Manfaat


 Menggunakan simbol-simbol standar.
Contoh flowchart di atas menggambarkan proses pembuatan kopi, mulai dari membuka kemasan kopi, memasak air, hingga mencampurkan kopi dan air kemudian diaduk rata.